Resep dan Cara Membuat Hotang Sederhana (Dokkebi / Hot Dog Kentang / Kensos)

Resep Hotang Sederhana - Hotang atau dokkebi / tokkebi atau hotdog kentang atau terkadang disebut juga sebagai kensos / kentang sosis adalah jajanan khas Korea yang biasanya dijajakkan di pinggir jalan. Di negara-negara barat, jajanan ini juga terkadang disebut sebagai corn dog karena bentuknya yang mirip jagung.
Resep Hotang Sederhana, Cara Membuat Hotang Sederhana
Hotang
Hotang memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah di bagian luar dan empuk di baigan dalam. Jajanan yang satu ini cukup banyak peminatnya, terutama kalangan anak-anak dan remaja.
Resep Hotang Sederhana, Cara Membuat Hotang Sederhana
Hotang
Dan pada resep kali ini, kita akan memcoba membuat hotang sederhana namun rasanya tidak kalah mantap. Cara membuat hotang sederhana sebenarnya cukup mudah, namun memang memerlukan sedikit ketelatenan dan kreatifitas. Yuk kita simak saja selengkapnya.

Resep Hotang Sederhana / Hot Dog Kentang / Kensos

Di negara asalnya, hotang dibuat dari sosis khusus yang biasa disebut sebagai sosis Jerman. Sosis jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan sosis reguler pada umumnya. Namun tidak wajib ya, kita bisa menggunakan sosis biasa yang rasanya juga tidak kalah enak.

Sebagai bahan pelapis yang menyatukan sosis dan kentang, hotang biasa menggunakan tepung polenta. Tepung ini adalah tepung jagung (bukan tepung maizena) yang diperoleh dengan cara menggiling butiran biji jagung kering.

Karena tepung polenta cukup sulit didapat, kita bsa menggantinya dengan tepung terigu yang dicampur dengan tepung maizena. Atau jika ada, kita bisa menggunakan nasi jagung instan yang jika beruntung bisa ditemui di pasaran.

Dibawah ini adalah daftar bahan yang akan kita perlukan untuk resep hotang sederhana yang akan kita bahan kali ini. Guna mempermudah, dibawah ini juga disertakan cara membuat hotang sederhana yang telah diurutkan menjadi step by step. Yuk simak!

Bahan Resep Hotang Sederhana

  1. 10 bh sosis jerman / bisa juga sosis biasa
  2. 4 bh kentang ukuran sedang, potong dadu (jika ada, gunakan kentang goreng beku agar lebih praktis)
  3. 10 bh tusuk sate
  4. minyak goreng yang cukup untuk menggoreng deep fry
  5. saus mayones secukupnya
  6. saus sambal secukupnya

Bahan Pencelup

  1. 100 gr tepung terigu
  2. 50 gr tepung polenta / bisa diganti tepung maizena / bisa juga nasi jagung instan
  3. 1 btr telur
  4. 200 ml susu cair (+/- 1 gelas)
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 1/2 sdt baking powder

Cara Membuat Hotang Sederhana

  1. Persiapkan terlebih dahulu kentangnya. Potong kentang menjadi bentuk dadu kecil-kecil kemudian kukus hingga setengah matang. Masukkan kentang kedalam freezer hingga beku, setelah itu kentang siap digunakan. Jika memiliki stok kentang goreng beku siap goreng, tentunya akan lebih praktis dan menghemat waktu, tinggal rajang saja hingga berbentuk dadu. Sisihkan kentang yang sudah siap.
  2. Tusuklah sosis menggunakan tusukan sate. Tusuk memanjang dari ujung satu ke ujung lainnya. Sisihkan dulu sementara.
  3. Siapkan wadah yang cukup landai untuk bahan pencelup. Masukkan tepung terigu, tepung polenta/maizena/nasi jagung instan, telur, gula, garam, baking soda dan susu cair. Aduk merata menggunakan sendok atau balloon whisk hingga membentuk adonan kental. Seperti membuat adonan pelapis untuk tahu isi.
  4. Persiapkan penggorengan deep fry. Panaskan diatas api sedang hingga minyaknya sudah benar-benar panas.
  5. Ambil satu buah sosis yang telah ditusuk, celupkan kedalam adonan pencelup. Ambil segenggam kentang beku kemudian kepalkan pada sosis hingga menempel di permukaannya.
  6. Goreng kensos pada minyak panas dengan tehnik deep fry. Goreng hingga matang dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Lakukan langkah yang sama terhadap sisa sosis yang lainnya.
  7. Sajikan hotang dengan saus sambal dan saus mayones.
Gampang bukan? Cara membuat hotang sederhana memang cukup mudah. Jika kita memiliki persediaan kentang beku, prosesnya bisa lebih cepat. Persiapkan kentang beku sehari sebelumnya, sehingga bisa langsung digunakan esok harinya.

Resep hotang sederhana yang asli memang menggunakan tepung polenta. Namun dengan menggantinya menggunakan tepung maizena atau cuma tepung terigu saja, rasanya tidak kalah lezat lho. Selamat mencoba!
Resep dan Cara Membuat Hotang Sederhana (Dokkebi / Hot Dog Kentang / Kensos)
4/ 5
Oleh